Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
5 Menit Cara Mudah Membuat Google Forms

5 Menit Cara Mudah Membuat Google Forms

Cara Membuat Google Form
Dengan berdampaknya crisis global pendemi corona sedikit banyak merubah tatanan pola pendidikan khususnya di Indonesia. Dengan di berlakukannya pelajaran dengan sistem daring online, maka banyak para guru berlomba-lomba untuk membuat soal-soal dan materi pembelajaran secara online memakai google form, berikut ini kami sampaikan 5 menit cara mudah membuat google forms online dari google.

Untuk para guru/mahasiswa dahulu jika ingin membuat formulir/form dilakukan secara manual, dengan membuat draf formulir/ form isian kemudian dicetak dan disebarkan ke mahasiswa/ respondennya untuk diminta mengisi formulir itu.

Kini dengan hadirnya Layanan dari Google yang bernama GOOGLE FORMS sangat memudahkan aktivitas pembuatan angket/ soal/ materi untuk disebarkan ke siswa/ mahasiswa dengan google form ini.

Membuat Formulir Online Dengan Google Form
Buat kamu yang masih bingung untuk membuat formulir online harus pake aplikasi apa, tenang saja! Andromopedia akan membantu kamu untuk mengatasinya. Aplikasi Google Forms ini akan menjadi salah satu solusinya.

Cara membuat google forms ini sangatlah mudah dan simple. Kamu hanya butuh komputer pc atau laptop dan tentunya yang gak kalah penting Jaringan Internet karena ini dibuat secara online ya.

Ok, sebelum beralih ke 5 meinit cara mudah membuat google form, Andromopedia akan kasih tahu sedikit dahulu apa itu google form dan kegunaannya. Supaya kamu nanti bisa memanfaatkan layanan google form ini dengan maksimal.

Apa itu Google Form?

Seperti namanya  "GOOGLE FORM" aplikasi ini menyediakan layanan untuk membuat formulir secara online. Syarat buat kamu untuk mengakses fitur ini kamu harus punya akun Gmail [namakama@gmail.com]

Aplikasi google form ini bisa diakses secara gratis dan bisa diintegrasikan dengan aplikasi google yang lain seperti Googlr Drive dan juga Google Doc. So, kamu bisa membuka aplikasi Google Form ini dimana saja pake Hape kamu dengan aplikasi Google Drive.

Apasih Kegunaan Google Form ini?

Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi layanan formulir online ini untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari membuat soal untuk pembelajaran daring online, membuat survey, mencari data base, membuat formulir pendaftaran PPDB, dll.

Dengan layanan Aplikasi Google Form ini secara tidak langsung kita sudah ikut mengurangi penggunaan kertas sebagai wujud gerakan ramah ingkungan. Ok, berikut ini contoh beberapa kegunaan dari Aplikasi Google Form ini :
  • Membuat soal untuk pembeljaran daring online.
  • Membuat formulir untuk survey produk barang atau jasa
  • Membuat kuis/ ujian online.
  • Membuat formulir PPDB.
  • Membuat formulir untuk data skripsi, dsb.

Dengan aplikasi Google Form ini kita tidak lagi perlu khawatir harus membuat rangkuman dari hasil isian formulir tadi karena sudah diolah oleh aplikasi google form ini dan data sudah tersimpan aman di server milik Google.

Ok, sekarang kita masuk ke Cara membuat google form, buat yang baru mengenal google form jangan kawatir, Andromopedia akan ajarkan step by step cara pembuatannya dari A sampai Z hanya 5 menit saja.

5 Menit cara mudah membuat google form :

1. Membuatlah Akun Google 

Andromopedia yakin semua yang membaca tulisan ini sudah mempunyai akun google/ email, karena semua tentu sudah memiliki hape android kan? jikalaupun belum mempunyai tingal buat aja akun google, mudah kok buat akun google .

2. Buka Situs Google Form 

Jika kamu sudah mempunyai akun google, selanjutnya kamu bisa menuju ke link doc.google.com. Di sini kamu bisa memilih template formulir yang kamu inginkan. 
Cara Membuat Google Form

Atau jika kamu ingin mebuat formulir dari Gdrive/ google drive, silahkan login dulu ke google drive dan pilih dimenu kiri atas pilih more kemudian pilih google forms.
Cara Membuat Google Form

Dan jika kamu ingin mebuat rekapan hasil dari google form, maka kamu masuk ke google sheet kemudian klik Insert kemudian pilih Forms.
Cara Membuat Google Form


3. Bikin Form kamu

Aplikasi Google Form ini memiliki banyak pilihan pertanyaan formulir tinggal disesuaikan dengan jenis kebutuhan kamu saja. 
Cara Membuat Google Form

Silahkan buat isian formulir yang kamu inginkan, jika sudah selesai membuat isian/ soal ujian online/ survey, silahkan tekan tombol kirim yang berada di sudut kanan atas. Lalu copylah link Google Form kamu dan bagikanlah ke murid/ respondenmu. Kamu juga bisa memperpendek link Google Form kamu tadi dengan mencentan Perpendek URL.

4. Lihat Hasilnya

Kamu tentunya membutuhkan data dari link google form yang kamu buat tadikan, kamu tinggal masuk ke akunmu tadi kemudian pilih formulir yang kamu buat tadi . 
Cara Membuat Google Form

Kamu dapat melihat hasildari formulir isian tadi dibagian Tanggapan yang berada disebelah pertanyaan, kamu juga bisa mendownloadnya juga lho, tinggal klik tombol ikon di sebelah kanan atas yang berwarna merah.

Jika kamu memiliki waktu lebih dari 5 menit, maka kamu bisa mempercantik tanpilan formulir yang kamu buat tadi. Next, Andromopedia akan mengulas cara membuat google form dari hape androoid kamu, tunggu ya stay tune di sini.

Ok, Akhir kata Andromopedia menguacapkan terimaksih kepada pembaca sekalian, wassalam.

Open Comments

Post a Comment for "5 Menit Cara Mudah Membuat Google Forms"