Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Gempa Bumi 5,1 SR Mengguncang Iran

Gempa Bumi 5,1 SR Mengguncang Iran

GEMPA 5,1 SKALA RIGHTER DI IRAN



Hari ini Kamis, 11 Januari 2018 kembali digoyang Gempa Bumi. Menurut data sismik gempa itu berkekuatan 5,1 Skala Righter.

Seperti dilansir di Al-Arabiya, gempa bumi itu tercatat seluruhnya terjadi di kedalaman 10 Km. Gempa bumi di skala 5 SR dengan pusat guncangan yang sangat dangkal dapat menyebabkan kerusakan cukup besar.

Gempa itu terjadi di Desa Hojedk, Provinsi Kerman perbatasan Iran dan Irak terasa hingga ke Baghdad. Televisi Pemerintah Iran mengatakan orang-orang mulai bergegas turun ke jalan pada saat gempa mulai mengguncang, namun tidak ada laporan langsung apakah ada orban jiwa atau luka dalam peristiwa ini.

Dilansir dari laman Associated Press, Kamis 11/1/2018, pusat gempa berjarak sekitar 700 kilomter dari Ibu Kota Tehran. Sampat saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa attau luka dalam kejadi itu.

Gempa memang beberapa kali mengguncang Provinsi Kerman, mulai dai kekuatan empat hingga enam Skala righter. pada November 2017, gempa berkekuaran 7,2 skala righter mengunang sebelah barat Iran, merenggut nyawa 600 penduduk.

Wilayah Iran memang berada di patahan lempeng, dan hampir setiap hari terjadi gempa dengan kekuatan bervariasi. Pada 2003 silam, gempa berkekuatan 6,6 Skala Rightter meratakan Kota Bam, menewasan 26 ribu penduduknya.

[badrul]



Open Comments

Post a Comment for "Gempa Bumi 5,1 SR Mengguncang Iran"